11 Januari 2008

PILIHAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada kesulitan untuk menentukan pilihan. Sebelum pilihan ditentukan, maka terlebih dahulu haruslah mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang ditimbulkan dari pilihan yang dipilih. Tentu saja kemungkinan-kemungkinan yang baiklah yang dipilih. Akan tetapi bisa saja terjadi kalau pilihan yang baik itu mengandung resiko dan hambatan.
Oleh karena itu untuk menentukan suatu pilihan, yang harus dipersiapkan selain persiapan fisik maupun mental, adalah memahami nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Sebab, kadang-kadang kita dihadapkan pada suatu pilihan antara keinginan sendiri dan tuntutan masyarakat.
Setiap orang memiliki nilai-nilai kehidupan yang berlaku bagi dirinya sendiri. Nilai-nilai kehidupan yang berlaku bagi diri sendiri ada yang dapat diterima dalam masyarakat ada pula yang tidak diterima dan bertentangan dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Adapun nilai-nilai kehidupan seseorang berbeda dengan nilai-nilai kehidupan orang lain. Oleh karena itu mengetahui dan memahami nilai-nilai orang lain dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat sangatlah penting agar dapat menentukan pilihan yang tepat dalam kehidupan.