11 Januari 2008

HAKEKAT NILAI DAN NORMA

Nilai-nilai dan Norma-norma pokok, memberikan sumbangan yang berarti pada pembentukan pandangan hidup. Nilai-nilai dan norma-norma juga memberikan perasaan identitas kepada seseorang atau kelompok. Dengan demikian, nilai-nilai dan norma-norma itu mengandung standar pedoman berperilaku.
Misalnya : Mengapa siswa harus memakai pakaian seragam ketika bersekolah ?, Mengapa seorang siswa harus berada di dalam kelas ketika guru memberikan pelajaran selama jam belajar ?, Mengapa kita harus berjalan di sebelah kiri ketika berkendaraan di jalan raya ?, Mengapa pula anak harus berbakti kepada orang tua dan sebaliknya orang tua harus memelihara dan merawat anak-anaknya ?
Jawabannya adalah, karena di dalam setiap masyarakat ada nilai-nilai dan norma-norma yang mengatur perilaku para anggotanya. Mengapa semua itu diatur dengan nilai-nilai dan norma-norma ?.
Bayangkan, apabila siswa bersekolah tanpa pengaturan soal berpakaian, maka akan terjadi beraneka ragam model pakaian yang digunakan oleh masing-masing siswa. Identitas siswa tidak jelas, akan terjadi perbedaan yang mencolok antara siswa yang berasal dari keluarga mampu dengan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, juga akan banyak berpengaruh terhadap konsentrasi belajar-mengajar di sekolah. Bayangkan pula, apabila kendaraan di jalan raya berjalan tanpa nilai-nilai dan norma-norma lalu lintas. Kendaraan yang satu berjalan di sebelah kanan dan dengan arah yang sama kendaraan lain berjalan di sebelah kiri, sehingga saling berpapasan. Maka, akibatnya akan terjadi kemacetan dan banyak sekali kecelakaan.
Apakah telah anda pikirkan, mengapa banyak terjadi kecelakaan dan kenakalan remaja ? Ini terjadi karena kurang kesadaran terhadap nilai-nilai dan norma-norma dari warga masyarakat.
Bayangkan, seandainya para warga masyarakat baik di rumah, di sekolah, di tempat latihan/unit kerja/unit produksi maupun di masyarakat luas saling menjunjung tata krama, sopan santun, serta nilai-nilai agama, adat istiadat, Hukum, ilmu dan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku atau nilai-nilai dan norma-norma, maka betapa damai dan indahnya hidup ini. Dengan demikian, maka InsyaAllah, hambatan-hambatan di dalam mewujudkan cita-cita dapat di atasi atau dihindari.