11 Januari 2008

AKIBAT DIKEMBANGKAN KONSEP MAKRO PENDIDIKAN

Dua macam akibat belum dikembangkannya Konsep Makro Pendidikan secara Teoritis dan Akademik Disipliner, adalah sebagai berikut :
2. b. 1. Timbul Lembaga-lembaga Pendidikan di luar sistem persekolahan yang dikelola tanpa landasan pendidikan yang memadai. Sebagai ilustrasi, adalah diselenggarakannya lembaga-lembaga pendidikan yang mempersiapkan calon-calon pengasuh anak, calon-calon tenaga kerja. Masih banyak lembaga-lembaga pendidikan penyelenggara tidak membekali dengan pendidikan pengetahuan yang memadai.
2. b. 2. Masyarakat kita tidak memiliki institusi-institusi yang mampu memberikan pelayanan pendidikan luar sekolah yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sekarang ini banyak orang tua yang mendapatkan kesukaran dalam membimbinganak mereka. Gejala ini sendiri merupakan akibat dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat kita yang menyebabkan keluarga Indonesia merosot kemampuannya dalam menjalankan fungsi pendidikan. Sebagai ilustrasi, adalah bahwa banyak kita jumpai para orang tua yang mendapatkan kesulitan dalam membimbing anak lari ke ahli psikologi, bukan ke ahli pendidikan. Karena ahli psikologi mempunyai kemampuan menangani suatu kasus klinis, sedangkan di kalangan ahli pendidikan Indonesia generasi sekarang ini kemampuan seperti ini langka sekali.