11 Januari 2008

NILAI DAN NORMA

Untuk melakukan tindakan sehari-hari, seseorang dibimbing oleh suatu nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.
Nilai-nilai dan norma-norma merupakan prinsip-prinsip yang berlaku di masyarakat tentang apa yang menarik, tentang sesuatu yang kita cari, tentang sesuatu yang menyenangkan, tentang sesuatu yang disukai dan yang diinginkan, tentang sesuatu yang baik dan benar serta tentang sesuatu yang berharga, yang seharusnya dimiliki dan dicapai oleh warga masyarakat.
Seorang siswa atau pelajar akan mendengarkan dengan baik ketika guru menjelaskan pelajaran, atau menyapa dengan sopan ketika bertemu dengan guru di suatu tempat di luar sekolah. Ini adalah sesuatu yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma.
Ada juga nilai-nilai dan norma-norma yang membimbing seseorang dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu tindakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Seorang siswa atau pelajar tidak akan membuat gaduh atau keributan ketika orang tuanya menerima tamu. Apabila siswa atau pelajar bertamu, dia akan menyapa orang tua temannya dengan sopan.
Nilai-nilai dan norma-norma ada pada setiap aspek kehidupan manusia. Bahkan, tanpa disadari sebenarnya setiap saat manusia terikat oleh berbagai nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
Ketika seorang teman kita meminjam buku catatan kita karena dia tidak masuk (sakit), secara spontan kita meminjakan dengan segala senang hati. Tindakan ini tidak memikirkan untung dan rugi atau imbalan. Hal ini terjadi karena nilai-nilai dan norma-norma untuk membantu teman yang sedang membutuhkan pertolongan (meminjam buku catatan).
Nilai-nilai dan norma-norma itu sesungguhnya sudah mendarah-daging dalam diri manusia, dan sangat mempengaruhi setiap gerak atau tingkah-laku / perilaku manusia sejak bangun tidur, mandi, makan, berjalan, belajar, berkomunikasi dengan orang lain, beraktivitas lainnya baik di rumah, di sekolah, di tempat latihan/unit kerja/unit produksi maupun di masyarakat luas, hingga malam hari samapai kemudian manusia itu tidur kembali dan bangun esok hari untuk beraktivitas kembali.
Manusia sebagai makhluk sosial, selalu hidup bermasyarakat dan bertetangga. Oleh karena itu seharusnya manusia memahami nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam suatu masyarakat. Walaupun kadang-kadang manusia dihadapkan pada suatu pilihan antara keinginan sendiri maupun tuntutan masyarakat.
Ada juga pepatah yang mengatakan “Lain Lubuk Lain Ikannya, Lain Ladang Lain Belalang”, menggambarkan bahwa setiap tempat memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang berbeda. Perbedaan nilai-nilai dan norma-norma terjadi karena banyak aspek yang membentuknya, antara lain “Kebudayaan” yang berlaku pada lingkungan tempat seseorang atau masyarakat beraktivitas.
Dengan demikian, nilai-nilai dan norma-norma mengandung standar perilaku manusia. Oleh karena itu siapapun baik siswa atau pelajar maupun yang lainnya diharapkan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dimana dia berada, sesuai dengan pepatah “Dimana Bumi dipijak, disitu Langit dijunjung”.