28 Maret 2008

RESENSI BUKU

Di dalam buku yang berjudul “Metodologi Penelitian dan Aplikasinya” yang disusun oleh M. Iqbal Hasan, M.M, penerbit Ghalia Indonesia (GI) : Jakarta, 2002, halaman 82-88, dijelaskan bahwa data dapat dikelompok-kelompokkan berdasarkan sumber-sumber tertentu sebagai berikut :

A. Berdasarkan Sumber Pengambilannya, data dibedakan sebagai berikut :
1. Data Primer/Data Asli/Data Baru :
adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh orang yang melakukan penelitian.
2. Data Sekunder/Data Tersedia :
adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada.
Data ini biasanya diperoleh dari perpustakaan atau dari laporan-laporan peneliti terdahulu.

B. Berdasarkan Waktu Pengumpulannya, data dibedakan sebagai berikut :
1. Data Berkala (Time Series) :
adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau keadaan.
2. Data Kerat Lintang (Cross Section) :
adalah data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau keadaan pada waktu itu.


C. Berdasarkan Sifatnya, data dibedakan sebagai berikut :
1. Data Kualitatif :
adalah data yang tidak berbentuk bilangan atau data yang penyajiannya tidak menggunakan angka, akan tetapi menggunakan kriteria.
2. Data Kuantitatif :
adalah data yang berbentuk bilangan atau data yang penyajiannya menggunakan angka.

D. Berdasarkan Tingkat Pengukuran, data dibedakan sebagai berikut :
1. Data Nominal :
adalah data yang berasal pengelompokkan peristiwa berdasarkan kategori tertentu, yang perbedaannya hanyalah menunjukkan perbedaan kualitatif.

2. Data Ordinal :
adalah data yang berasal dari obyek atau kategori yang disusun menurut besarnya dari tingkat terendah ke tingkat tertinggi atau sebaliknya dengan jarak atau rentang yang tidak harus sama.

3. Data Interval :
adalah data yang berasal dari obyek atau kategori yang diurutkan berdasarkan suatu atribut tertentu, dimana jarak antara tiap obyek atau ketegori adalah sama. Pada data ini tidak terdapat angka Nol Mutlak.

4. Data Rasio :
adalah data yang menghimpun semua ciri dari data nominal, data ordinal dan data interval dan dilengkapi Titik Nol Absolut dengan makna empiris. Angka pada data ini menunjukkan ukuran yang sebenarnya dari obyek/kategori yang diukur.


B. PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data adalah pencatatan peristiwa-peristiwa/hal-hal/keterangan-keterangan/karakteristik-karakteristik sebagian atau seluruh elemen populasi yang akan menunjang atau mendukung penelitian.

Mengenai Pengumpulan data dijelaskan oleh DR. Kartini Kartono di dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Metodologi Riset Sosial” yang diterbitkan oleh CV Mandar Maju : Bandung, tahun 1990, halaman 154-217 bahwa pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu sebagai berikut :
1. Berdasarkan Caranya, dikenal beberapa cara pengumpulan data, yaitu :
- Angket (Kuesioner) :
Angket (Kuesioner) adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi oleh responden.

- Wawancara (Interview) :
Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan langsung oleh pewawancara kepada responden, dan jawaban-jawaban responden dicatat atau direkam.

- Observasi :
Observasi adalah pemilihan, pengubahan, pencatatan dan pengodean serangkaian perilaku dan suasana berkenaan dengan organisme berdasarkan tujuan-tujuan empiris.

- Studi Dokumentasi :
Studi Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada obyek penelitian, akan tetapi melalui dokumen.

- Analisis Isi :
Analisis Isi adalah studi tentang arti verbal . Analisis Isi digunakan untuk memperoleh keterangan dari isi yang disampaikan dalam bentuk lambing.

2. Berdasarkan banyaknya data yang diambil, ada beberapa cara pengumpulan data sebagai berikut :
- Sensus (pengumpulan data melalui populasi) :
Sensus (pengumpulan data melalui populasi) adalah cara pengumpulan data dengan mengambil elemen atau populasi secara keseluruhan untuk diselidiki.
Data yang diperoleh dari hasil sensus disebut parameter atau data yang sebenarnya (True Value).

- Sampling (pengumpulan data melalui sampel) :
Sampling (pengumpulan data melalui sampel) adalah cara pengambilan data dengan mengambil sebagian elemen atau populasi untuk diselidiki. Data yang diperoleh dari sampling disebut data prakiraan (Estimate Value).

Tidak ada komentar: